Tips Menyembuhkan Inner Child Anda

0
3

Setiap orang memiliki inner child.

Anda mungkin melihat anak batiniah ini sebagai representasi langsung dari diri Anda di tahun-tahun awal Anda, kumpulan tambal sulam dari tahap perkembangan yang telah Anda lalui, atau simbol mimpi masa muda dan kesenangan.

Kesadaran akan inner child Anda dapat membantu Anda berpikir kembali ke tahun-tahun yang lebih ringan dan tanpa beban, jelas Dr. Diana Raab, penulis dan psikolog penelitian. “Berhubungan dengan kegembiraan masa kanak-kanak bisa menjadi cara yang sangat baik untuk menghadapi masa-masa yang menantang.”

Namun, tidak semua orang mengasosiasikan masa kecil dengan keceriaan dan kesenangan. Jika Anda mengalami pengabaian, trauma, atau rasa sakit emosional lainnya, inner child Anda mungkin tampak kecil, rentan, dan membutuhkan perlindungan. Anda mungkin telah mengubur rasa sakit ini dalam-dalam untuk menyembunyikannya dan melindungi diri Anda sendiri — baik diri Anda saat ini maupun anak Anda yang dulu.

Menyembunyikan rasa sakit tidak menyembuhkannya. Sebaliknya, itu sering muncul dalam kehidupan dewasa Anda, muncul sebagai kesusahan dalam hubungan pribadi atau kesulitan memenuhi kebutuhan Anda sendiri. Bekerja untuk menyembuhkan inner child Anda dapat membantu Anda mengatasi beberapa masalah ini.

Menyembuhkan inner child Anda dapat memakan waktu, tetapi delapan tips ini adalah titik awal yang baik.

Pertama, akui inner child Anda

Untuk memulai penyembuhan, pertama-tama Anda harus mengakui kehadiran inner child Anda.

Seperti yang ditunjukkan oleh Kim Egel, seorang terapis di Cardiff, California, siapa pun dapat menghubungi inner child mereka — jika mereka terbuka untuk mengeksplorasi hubungan ini. Jika Anda merasa ragu atau menolak gagasan untuk menjelajahi masa lalu, Anda akan kesulitan memulai proses penyembuhan.

Jika terasa sedikit aneh atau canggung membayangkan membuka diri inner child Anda, cobalah memikirkan pekerjaan inner child sebagai proses penemuan diri.

Proses mengenali inner child Anda sebagian besar hanya melibatkan mengenali dan menerima hal-hal yang menyebabkan Anda sakit di masa kanak-kanak. Membawa rasa sakit ini ke dalam terang hari dapat membantu Anda mulai memahami dampaknya.

Konon, banyak orang merasa terbantu, bahkan menenangkan, untuk menyapa inner child mereka seperti halnya orang yang masih hidup, jadi jangan merasa takut untuk mencobanya.

Dengarkan apa yang dikatakan inner child Anda

Setelah membuka pintu koneksi dengan inner child Anda, penting untuk mendengarkan perasaan yang masuk.

“Perasaan ini sering muncul dalam situasi yang memicu emosi yang kuat, ketidaknyamanan, atau luka lama,” jelas Egel.

Anda mungkin memperhatikan:

  • kemarahan atas kebutuhan yang tidak terpenuhi
  • pengabaian atau penolakan
  • ketidakamanan
  • kerentanan
  • rasa bersalah atau malu
  • kecemasan

Jika Anda dapat melacak perasaan ini kembali ke peristiwa masa kanak-kanak tertentu, Anda mungkin menyadari situasi serupa dalam kehidupan dewasa Anda memicu respons yang sama.

Berikut ini contohnya:

Pasangan Anda tiba-tiba menjadi sibuk dengan pekerjaan dan tidak punya waktu untuk keluar malam besar yang Anda rencanakan. Meskipun Anda tahu mereka lebih suka menghabiskan waktu bersama Anda, Anda masih merasa ditolak dan frustrasi. Kekecewaan Anda bermanifestasi dengan cara yang kekanak-kanakan, dengan Anda melangkah ke kamar Anda dan membanting pintu.

Mempertimbangkan apa yang terjadi melalui mata inner child Anda dapat menawarkan beberapa wawasan berharga dalam skenario ini.

Anda menyadari kebutuhan mendadak pasangan Anda untuk bekerja membuat Anda merasa seperti yang Anda lakukan ketika orang tua Anda membatalkan rencana, teman bermain, bahkan pesta ulang tahun Anda, karena jadwal mereka yang sibuk.

Dengan cara ini, mendengarkan perasaan inner child Anda dan membiarkan diri Anda mengalaminya alih-alih mendorongnya menjauh dapat membantu Anda mengidentifikasi dan memvalidasi kesusahan yang Anda alami — langkah pertama yang penting untuk mengatasinya.

Menulis sebuah surat

Untuk membuka dialog dan memulai proses penyembuhan, Raab merekomendasikan untuk menulis surat kepada inner child Anda.

Anda dapat menulis tentang kenangan masa kecil dari sudut pandang orang dewasa, menawarkan wawasan atau penjelasan untuk keadaan menyedihkan yang tidak Anda pahami saat itu.

Mungkin Anda tidak tahu mengapa kakak Anda selalu meneriaki Anda dan menghancurkan mainan Anda, tetapi Anda belajar untuk tetap takut padanya. Jika Anda sudah menyadari bahwa dia mengalami intimidasi dan pelecehan selama bertahun-tahun, kemarahannya mungkin mulai masuk akal. Berbagi wahyu ini dengan inner child Anda dapat membantu menenangkan sebagian dari rasa sakit yang tersisa.

Sebuah surat juga dapat memberi Anda kesempatan untuk menawarkan pesan-pesan kepastian dan kenyamanan.

Beberapa pertanyaan juga dapat membantu menjaga dialog tetap berjalan:

  • “Bagaimana perasaanmu?”
  • “Bagaimana saya bisa mendukung Anda?”
  • “Apa yang kamu butuhkan dariku?”

Duduk dengan pertanyaan-pertanyaan ini sering kali dapat mengarah pada jawaban, meskipun mungkin perlu beberapa saat sebelum inner child Anda merasa aman dan tenteram.

Cobalah meditasi

Pertanyaan-pertanyaan yang Anda tanyakan pada inner child Anda? Meditasi bisa menjadi metode yang bagus untuk membuka diri terhadap jawaban.

Meditasi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental, tetapi beberapa di antaranya berhubungan langsung dengan pekerjaan inner child.

Pertama, meditasi meningkatkan kesadaran diri yang penuh perhatian, mengajari Anda untuk lebih memperhatikan perasaan yang muncul dalam kehidupan sehari-hari. Perhatian yang lebih besar di sekitar emosi Anda membuatnya lebih mudah untuk diperhatikan ketika situasi tertentu memicu reaksi yang tidak membantu.

Meditasi juga membantu Anda menjadi lebih nyaman dengan emosi yang tidak diinginkan.

Anak-anak sering mengalami kesulitan menyebutkan emosi yang tidak nyaman, terutama ketika mereka tidak didorong untuk mengekspresikan diri. Mereka mungkin menekan atau mengubur perasaan ini untuk menghindari hukuman atau mendapatkan pujian dari pengasuh karena “baik” atau mempertahankan kendali.

Meditasi membantu Anda berlatih mengakui dan duduk dengan perasaan apa pun yang muncul dalam hidup Anda. Ketika Anda terbiasa menerima emosi yang datang, Anda akan lebih mudah mengekspresikannya dengan cara yang sehat. Ini membantu memvalidasi perasaan anak batin Anda dengan mengirimkan pesan bahwa tidak apa-apa untuk memiliki emosi dan membiarkannya keluar.

Anda juga dapat mencoba meditasi cinta kasih untuk mengirimkan perasaan cinta kepada diri anak Anda. Egel juga merekomendasikan meditasi visualisasi sebagai alat yang berguna untuk membayangkan inner child Anda, atau bahkan “mengunjungi” mereka sebagai diri dewasa Anda.

Jurnal sebagai inner child Anda

Banyak orang menemukan jurnal sebagai cara yang bagus untuk memilah-milah pengalaman yang menantang atau membingungkan dan gejolak emosional. Jika Anda membuat jurnal, Anda mungkin sudah mendapatkan banyak manfaat dari strategi koping ini.

Sama seperti membuat jurnal dapat membantu Anda mengenali pola dalam kehidupan dewasa Anda yang ingin Anda ubah, membuat jurnal dari sudut pandang inner child Anda dapat membantu Anda mengenali pola tidak membantu yang dimulai sejak masa kanak-kanak.

Untuk latihan penjurnalan ini, sisihkan diri Anda saat ini untuk saat ini dan salurkan diri anak Anda. Cobalah foto atau latihan visualisasi singkat untuk membantu mengingat bagaimana perasaan Anda pada usia tertentu yang ingin Anda jelajahi.

Kembalikan keceriaan masa kecil

Dewasa tentu saja datang dengan banyak tanggung jawab, tetapi relaksasi dan kesenangan adalah komponen penting dari kesehatan mental yang baik.

Jika masa kecil Anda tidak memiliki pengalaman positif, kembali berhubungan dengan sisi menyenangkan Anda dan meluangkan waktu untuk bersenang-senang dapat membantu menyembuhkan rasa sakit karena kehilangan apa yang Anda butuhkan sebagai seorang anak.

Penting juga untuk menikmati kesenangan kecil, seperti es krim setelah jalan-jalan, permainan dengan pasangan atau anak-anak Anda, dan tawa bersama teman-teman.

Apa pun yang Anda lakukan, meluangkan waktu secara teratur untuk kesenangan dan keceriaan dalam hidup Anda dapat membantu mengobarkan kembali emosi positif masa muda.

Biarkan pintu terbuka

Penyembuhan tidak selalu memiliki akhir yang pasti. Ini sering kali lebih merupakan perjalanan terbuka.

Anda telah memulai prosesnya dengan menjangkau inner child Anda. Sekarang Anda dapat menumbuhkan kesadaran yang baru ditemukan ini dan terus mendengarkan bimbingan diri anak Anda saat Anda bergerak maju.

Diri anak Anda mungkin memiliki lebih banyak hal untuk diungkapkan tentang tantangan dari masa lalu. Tetapi Anda juga dapat belajar untuk menjadi lebih spontan dan menyenangkan serta mempertimbangkan apa yang ditawarkan kehidupan dengan rasa takjub yang lebih besar.

Tetap selaras dengan inner child Anda dapat menyebabkan rasa diri yang lebih lengkap dan meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi. Perkuat koneksi yang telah Anda buka dengan menegaskan niat Anda untuk terus mendengarkan, menawarkan cinta dan kasih sayang, dan bekerja untuk menyembuhkan setiap luka yang tetap terbuka.

Bicaralah dengan terapis

Trauma masa lalu dapat menyebabkan banyak penderitaan. Terapis berusaha menciptakan ruang yang aman bagi Anda untuk mulai menavigasi gejolak emosional ini dan mempelajari strategi yang bermanfaat untuk menyembuhkan inner child Anda.

Terapis biasanya mengenali bagaimana pengalaman masa kanak-kanak dan peristiwa masa lalu lainnya dapat memengaruhi kehidupan, hubungan, dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan. Namun tidak semua jenis terapi mengutamakan eksplorasi peristiwa masa lalu atau konsep terkait, seperti inner child.

Terapi perilaku kognitif, misalnya, dianggap sebagai pendekatan pengobatan yang sangat efektif, tetapi umumnya berfokus pada pengalaman Anda saat ini.

Jika Anda tertarik untuk melakukan eksplorasi masa lalu Anda dan mengenal inner child Anda, carilah terapis yang berpengalaman di bidang ini. Biasanya, psikoterapi berorientasi psikodinamik dapat menjadi pilihan yang tepat.

Terapi inner child, juga disebut kerja inner child, secara khusus berfokus pada proses ini, tetapi jenis terapis lain juga dapat menawarkan dukungan. Itu selalu membantu untuk memberi tahu terapis potensial tentang masalah spesifik yang ingin Anda jelajahi.

Garis bawah

Ketika kebutuhan akan cinta, pengakuan, pujian, dan jenis dukungan emosional lainnya tidak terpenuhi di masa kanak-kanak, trauma yang diakibatkannya dapat bertahan hingga kehidupan dewasa Anda.

Tapi tidak ada kata terlambat untuk sembuh. Dengan belajar mengasuh inner child Anda, Anda dapat memvalidasi kebutuhan ini, belajar mengekspresikan emosi dengan cara yang sehat, dan meningkatkan rasa sayang dan cinta pada diri sendiri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini