Tips Melancarkan Buang Air Besar Saat Sembelit

0
3

Jika Anda mengalami kesulitan pergi ke toilet, ada sejumlah metode non-medis untuk mendorong usus yang tidak aktif untuk membebaskan Anda dari sembelit. Dalam artikel ini kami membahas beberapa ide yang dapat Anda coba di rumah untuk mengatasi sembelit.

Pertama, jika Anda melihat perubahan dalam pola reguler Anda, Anda tidak perlu khawatir. Jika Anda membuat beberapa perubahan sederhana, kemungkinan besar Anda akan kembali ke kebiasaan normal.

Jika Anda membutuhkan bantuan saat sembelit segera, Anda dapat mempertimbangkan satu atau lebih hal berikut untuk mendorong usus Anda kembali normal.

  1. Jus lemon – ambil segelas air yang dicampur dengan jus setengah lemon baik sebelum tidur maupun saat bangun tidur. Anda mungkin ingin minum dengan sedotan karena gigi Anda bisa menjadi sensitif setelah minum air lemon secara teratur.
  2. Minyak zaitun – Mengkonsumsi satu sendok teh minyak zaitun di pagi hari dengan perut kosong dapat mendorong tinja mengalir melalui usus. Minyak bertindak sebagai pelumas dalam sistem pencernaan yang berarti lebih mudah bagi makanan padat untuk melewatinya. Ini juga melunakkan tinja, membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan.
  3. Jus prune/plum kering – salah satu pengobatan tradisional untuk sembelit. Jus prune tidak memiliki serat dari buah kering tetapi keduanya tinggi kandungan sorbitol, yang bertindak sebagai pencahar.
  4. Aprikot rebus – buang batunya dan potong satu punnet aprikot menjadi dua. Masukkan ke dalam panci dengan 2-3 sendok makan gula merah, tambahkan dua sendok makan air dan nyalakan api kecil-sedang. Rebus sampai mulai melunak lalu matikan api dan biarkan dengan tutupnya hingga dingin. Ini lezat untuk sarapan dan cocok dengan yoghurt dan granola.
  5. Cairan – Ada sejuta dan satu alasan mengapa minum air putih itu bagus. Mengkonsumsi 2,5 liter/12 gelas sehari akan memastikan Anda menyegarkan sistem Anda dan membantu memecah makanan apa pun di usus. Secangkir air panas sangat bagus untuk menenangkan perut dan mendorong proses peristaltik.
  6. Minuman panas – walaupun kita semua cenderung menikmati teh atau kopi sebagai minuman penyegar atau penjemput, minuman tersebut memiliki efek diuretik. Diuretik meningkatkan produksi urin, artinya kita harus mengunjungi toilet lebih dari biasanya. Ingatlah hal ini saat minum kopi untuk membantu mendorong gerakan. Teh dan Kopi bekerja dengan cara yang mirip dengan air panas karena panas membantu memecah padatan.
  7. Hindari makanan dengan kandungan lemak tinggi – Tubuh sulit memproses lemak. Terutama dengan diet Barat, kantong empedu yang memproduksi empedu (bahan yang membantu memecah lemak) meregang hingga batasnya. Ini akan membantu seluruh tubuh untuk mengurangi burger dan keripik.
  8. Pemosisian – Jika Anda merasakan kebutuhan mendesak untuk buang air besar tetapi tiba di toilet hanya untuk mengetahui bahwa Anda tidak dapat pergi, Anda mungkin menemukan bahwa menyesuaikan pemosisian toilet dapat membantu. Sangat penting Anda tetap sabar, jangan memaksa karena ini dapat menyebabkan kerusakan. Lutut Anda lebih tinggi dari pinggul, dan jaga agar punggung tetap lurus. Anda mungkin merasa berguna untuk menyimpan bangku toilet di toilet. Ketika saatnya tiba, kencangkan perut untuk mendorong gerakan, bukan rektum.

Sebagai aturan, makan lebih banyak makanan berserat tinggi dapat mencegah sembelit. Berhati-hatilah, bahwa jika sembelit adalah akibat dari penyakit Kolitis atau Crohns, meningkatkan asupan serat dapat memiliki efek yang merugikan – jika ragu, bicarakan dengan dokter umum Anda sebelum melakukan perubahan apa pun pada diet Anda.

Ada dua jenis serat yang berbeda; larut dan tidak larut. Serat larut larut dalam usus untuk membentuk zat seperti gel yang membantu makanan bergerak di sepanjang saluran pencernaan. Serat tidak larut tidak dapat larut dan bergerak melalui usus tanpa diserap, dan menambah jumlah besar pada gerakan usus dan membantu meringankan sembelit.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini